RADAR24.CO.ID, Lampung —– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menggelar Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024.

 

Berdasarkan informasi yang diterima Radar24, diketahui kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Aidia Grande Kota Metro dan diagendakan berlangsung selama dua hari berturut-turut, mulai tanggal 27-28 Februari 2024 .

 

Dari pantauan di lokasi, nampak puluhan saksi, utusan dari para peserta kontestasi politik Pemilu 2024 fokus menyimak pembacaan hasil penghitungan suara. Sejumlah personel keamanan juga terlihat di sekitar lokasi kegiatan.

 

Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama, pihaknya telah menyampaikan undangan untuk perwakilan dari masing-masing peserta pemilu dan melakukan koordinasi lintas instansi, guna kelancaran prosesi rapat pleno tingkat kota.

 

“Ya. Undangan personelnya sudah kami sampaikan ke pihak saksi yang terdiri dari saksi Parpol, saksi pasangan Capres-Cawapres dan saksi DPD. Masing-masing satu orang,” kata Nurris saat diwawancarai, Selasa, 27/2/2024 malam.

 

“Tahap ini pun kita undang Forkopimda dan Satpol PP, juga melibatkan Diskes dan Damkar untuk antisipasi seluruh pengamanan rekapitulasi ini,” lanjutnya.

 

Nurris menjelaskan mekanisme jalannya kegiatan. Menurutnya, apabila saksi yang hadir lebih dari satu orang, maka hanya satu orang saja yang diperkenankan untuk masuk di ruang pleno tersebut.

 

“Dan saksi lainnya bisa menunggu di luar ruang pleno. Sebab, mekanismenya memang harus berjalan seperti itu. Rekapitulasi ini kan cukup panjang ya, terkadang mereka jenuh juga, makanya dibuat bergiliran saja atau lukir,” jelasnya.

 

KPU Kota Metro akan melakukan tahapan tersebut dengan cepat. Namun, hasilnya tetap menyesuaikan kondisi yang ada di lapangan. Sementara, pihaknya mengaku, tidak ada kendala dalam proses rekapitulasi tersebut.

 

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terkait dari saksi yang mungkin ada penyampaian terkait hal-hal perhitungan yang ada di kecamatan, itu hal biasa, karena proses rekapitulasi memang seperti itu,” bebernya.

 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara yang terlibat pada setiap tahapan di Pemilu 2024.

 

“Kami dari KPU Kota Metro, mengucapkan terima kasih banyak untuk teman-teman penyelenggara mulai dari KPPS, PPS, dan PPK yang mana mereka secara langsung terjun di kegiatan Pemilu 2024 ini,” tuturnya.

 

“Juga terima kasih kepada seluruh pengamanan dan media yang telah meliput dan menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarakat. Kepada perangkat daerah mulai dari RT/RW hingga para aparat yang sudah terlibat mengamankan,” tandasnya.

Editor Abdul Jabar

Pewarta kiki