RADAR24.CO.ID, Sulawesi Utara — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Bitung, mendata sebanyak 4 kapal pesiar sudah sandar selama Maret 2024.

Empat kapal pesiar tersebut, yaitu MV. Arcadia, MV. Queen Mary 2, MV. Seabourn Soujourn, MV. Queen Victoria.

Hari ini, Rabu 13 Maret 2024, Kami kedatangan tamu istimewa yang keempat kalinya yaitu Kapal pesiar “MV. Queen Victoria” yang sandar di dermaga Pelabuhan Bitung dengan membawa sebanyak kurang lebih 2.300 penumpang dan 900 kru yang berasal dari berbagai negara,”Kata General Maneger (GM) Pelindo Regional 4 Bitung, Ramdan Affan Kiai demak.

Ramdan mengatakan bahwa kedatangan kapal MV Queen Victoria merupakan kapal pesiar terakhir yang berkunjung ke Pelabuhan Bitung pada bulan Maret Tahun 2024 ini.

“Kami selaku penyedia pelayanan jasa kepelabuhanan bersyukur, sampai dengan kedatangan keempat kapal pesiar ini, berbagai instansi tetap kompak dalam menyelenggarakan penyambutan dan melaksanakan tugasnya masing-masing untuk menjaga ketertiban dan keamanan demi menciptakan kenyamanan bagi turis yang berkunjung, dan dengan adanya kunjungan kapal pesiar ini kami berharap dapat berdampak pada peningkatan perekonomian dan pariwisata yang ada di Kota Bitung,”ucapnya.

Sementara itu, Junior Manager Humas Prawita Regina Alamri menambahkan bahwa kapal pesiar MV. Queen Victory tersebut tiba pada pukul 07.00 dari Pelabuhan Cairns – Australia dan akan berangkat menuju Pelabuhan Puerto Pricessa – Philiphine.

“Dalam Menyambut kapal pesiar, pihak manajemen PT Pelindo (Persero) Regional 4 Bitung, terus menjaga kesiapan fasilitas serta menjaga kolaborasi antar instansi yang menjadi front liner di acara ini, demi terciptanya kesan yang baik bagi turis asing yang berkunjung. Sehingga besar harapan manajemen PT Pelindo (Persero) akan adanya kunjungan berikutnya. Jelas Prawita.

Meskipun kunjungan Kapal Pesiar kali ini hanya berkisar kurang lebih 11 Jam di Pelabuhan Bitung, tapi sangat terlihat begitu antusiasnya Warga Kota Bitung dan sekitarnya dalam menyambut kunjungan Turis yang datang, terpantau dari CCTV yang tersedia di area Pelabuhan Bitung, banyak warga yang datang untuk menyaksikan Kunjungan Kapal Pesiar. Dampak perekonomian juga berdampak pada UMKM yang telah “berbaris” didepan area Pelabuhan, terlihat sebagian turis – turis yang datang berkunjung ke Stand yang ada, baik itu souvenir maupun buah khas dari Bitung dan Sekitarnya.

Editor Abdul Jabar
Pewarta Syarif