RADAR24.CO.ID, Jakarta — Prestasi tingkat Asia berhasil diraih oleh atlet-atlet Indoor Skydiving Indonesia pada rangkaian 5th Fédération Aéronautique Internationale (FAI) World Cup of Indoor Skydiving (WCIS) & 1st FAI Asian Indoor Skydiving Championship di Macau, China, yang diselenggarakan pada 17-20 April 2024.

 

Kejuaraan di bawah naungan FAI, selaku Induk Olahraga Aerosport Dunia, merupakan kejuaraan paling bergengsi untuk Olahraga Dirgantara khususnya Terjun Payung.

 

Pada Kejuaraan Dunia yang diikuti 29 negara ini, Delegasi Tim Nasional Indoor Skydiving Indonesia dari Komite Terjun Payung – Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) mengikuti 3 nomor yaitu 4-Way Formation Skydiving (kerja sama di udara), 4-Way Formation Skydiving Female dan Dynamic 2-Way.

 

Tim Nasional Indonesia Putri pada nomor 4-Way FS Female yang diwakili Polwan Brimob POLRI berhasil meraih medali perak atau juara 2 pada Kejuaraan Asia dan menduduki peringkat ke 5 pada Kejuaraan Dunia. Juara 1 Asia diraih oleh Tim China, yang juga merupakan Juara Dunia.

 

Atlet-atlet Putri juga mencatatkan Rekor Nasional dengan nilai tertinggi pada satu babak’ yaitu 30 poin. Prestasi ini juga merupakan Kado Istimewa yang bertepatan dengan momentum Hari Kartini.

 

Kompol Reynando Hutapea yang merupakan Danyon A pelopor Sat Brimob Polda lampung dan menjadi bagian Kontingen indonesia menyebutkan bahwa Putri-putri terbaik Indonesia mampu memberikan prestadi yang membanggakan dalam kompetisi ini.

 

“Betul mas, Alhamdullilah kita mampu meraih prestasi meski hanya menjadi urutan ke 2 dan 3”,.Ungkap Kompol Reynaldo saat di konfirmasi melalui pesan Whataps. Minggu 21 april 2024.

 

Sementara Tim Nasional Indonesia Putra pada nomor 4-Way FS Open berhasil meraih medali perunggu (Juara 3) pada Kejuaraan Asia yang diwakili oleh atlet-atlet Brimob POLRI.

 

Diketahui dalam Kejuaraan Dunia ini, Indonesia Mengirimkan 2 tim yang diwakili Brimob POLRI dan KOPASGAT TNI AU dengan menduduki peringkat 12 dan 18 dunia.

 

Selain itu Tim Nasional Indonesia juga pertama kali dalam sejarah nasional ikut serta pada nomor Dynamic 2-Way yang diwakili atlet-atlet Brimob POLRI dengan hasil peringkat 21 Dunia dan peringkat 4 Asia.

 

Turut hadir pada perlombaan Presiden International Skydiving Committe (ISC) FAI Alberto Martin, Ketua Harian PB. FASI Marsda Andi Wijaya, Pejabat KONI Pusat Effendi Soen, Ketua Komite Terjun Payung FASI Irvan Zuladry, Perwakilan POLRI Kombes Pol Christiyanto Goetomo dan Ketua Delegasi / Ketua Tim Kopasgat Kol Pas. Helmi A. Nange.

 

Prestasi membanggakan yang diraih atlet-atlet Indonesia ini tidak terlepas dari dukungan fasilitas latihan indoor skydiving (windtunnel) termodern yang saat ini dimiliki Brimob POLRI.

 

Komitmen Komite Terjun Payung FASI dalam mengembangkan dan memajukan Olahraga Indoor Skydiving diwujudkan dengan terselenggaranya Kejuaraan Nasional berkualitas pada tahun 2022 dan 2023, serta rencana penyelenggaraan Kejuaraan Indoor Skydiving Internasional KAPOLRI Cup pada bulan Juli 2024 yang diinisiasi oleh Persatuan Terjun Payung POLRI dan didukung penuh Pimpinan-pimpinan POLRI.

 

Editor Abdul Jabar