RADAR24.CO.ID, Lampung — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro membuka peluang seluas-luasnya bagi siswa penyandang disabilitas, mulai dari menarik minat, menggali bakat, hingga meraih prestasi di bidang olahraga.

Berdasarkan catatan Radar24, diketahui sepanjang 2021 dan 2022 menjadi puncak keberhasilannya, Kota Metro tercatat berhasil kumpulkan ratusan medali kompetisi olahraga bagi penyandang disabilitas di tingkat Provinsi Lampung.

Kali ini, Pemkot Metro melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) setempat kembali membuka peluang tersebut dan berkomitmen mengulang keberhasilan serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Sekretaris Disporapar Kota Metro, Al-Fajar Nasution mengatakan, selama kepemimpinan Wali Kota Wahdi Siradjuddin, bidang olahraga mencapai prestasi yang cukup membanggakan.

“Pada 2021 di even Paperda tingkat Provinsi Lampung, Kota Metro berhasil mendapatkan juara umum. Selain itu, kita juga runner-up di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung 2022,” kata Fajar, mewakili Kepala Disporapar Kota Metro, Tri Hendriyanto, Sabtu, 15/62024.

“Saya kira untuk di bidang olahraga, prestasi yang menonjol ada di dua even tersebut. Tentu juga Disporapar Metro masih membuka peluang seluas-luasnya untuk bisa kembali mendulang prestasi serupa,” lanjutnya.

Menurut Fajar, di Porprov Lampung 2022 lalu, Kota Metro berhasil mengumpulkan ratusan medali emas, perak dan perunggu dari berbagai macam cabang olahraga (Cabor).

“Pada 2022, Kota Metro runner-up dalam Porprov Lampung, setalah Kota Bandarlampung. Medali yang kita peroleh 100 emas, 114 perak dan 170 perunggu, dari sekitar 30 cabor yang dipertandingkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pada pekan olahraga disabilitas biasanya ada beberapa cabor yang diperlombakan, seperti bocce, tenis meja, bulu tangkis, lari, lompat jauh dan senam Metro Ceria.

“Kota Metro selalu rutin setiap tahunnya mengadakan even ini. Tujuannya, tentu kita ingin memperhatikan teman-teman ataupun saudara kita spesial ini, agar bisa ikut memberi sumbangsih bagi Kota Metro,” tuturnya.

Fajar menambahkan, pihaknya berharap para penyandang disabilitas tetap bersemangat dalam menggali bakat dan meraih prestasi. Dia optimis, Kota Metro mampu mempertahankan capaian yang telah didapatkan.

“Pak Wali Kota selalu mengingatkan untuk tetap optimis. Maka, kami mengundang seluruh SLB yang ada di Kota Metro untuk berpartisipasi, pada pekan olahraga disabilitas,” pungkasnya.

Pewarta : Kiki.