RADAR24.CO.ID, Lampung — Kota Metro menjadi satu-satunya daerah tingkat kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerima anugerah Penghargaan Swasti Saba 2024, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar24, diketahui Penghargaan Swasti Saba merupakan anugerah dari Kemendagri dan Kemenkes RI, kepada daerah kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan sembilan program tatanan, yang menjadi domain dalam program Kabupaten dan Kota Sehat (KKS). Penghargaan ini diberikan setiap dua tahun sekali.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro Saputro mengatakan, Kota Metro adalah satu-satunya daerah yang menerima penghargaan ini, dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

“Penghargaan Swasti Saba ini secara langsung diberikan kepada Bapak Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin. Kita satu-satunya daerah kabupaten/kota di Lampung yang menerimanya,” kata Eko saat diwawancarai, Rabu, 26/6/2024.

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi terhadap implementasi aksi setiap wilayah, baik provinsi, kabupaten, kota dan atau masyarakat yang berupaya wujudkan lingkungan bersih, aman, nyaman dan sehat secara holistik dan sustainable.

“Jadi jelas, penyelenggaraannya ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya kondisi wilayah atau daerah yang bersih, aman, nyaman dan sehat,” ulasnya.

Selain itu, Pemkot Metro juga berhasil memboyong Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2024.

Eko menyebut, anugerah Penghargaan Swasti Saba dan STBM 2024 layak diterima Kota Metro. Sebab, Pemkot memang telah memulai gerakan STBM lima pilar berkelanjutan, optimalisasi Puskesmas, Posyandu dan lainnya, dengan tujuan mewujudkan visi Kota Metro sebagai kota sehat.

Pemkot Metro berkomitmen menjamin semua masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin juga telah menggagas Program Homecare sebagai implementasi komitmen tersebut.

“Program Homecare atau Tilik Warga ini sangat membantu ya. Jadi, kita ini ada ratusan Kepala Keluarga di Kota Metro. Maka, lansia atau warga yang kurang mampu ini layak untuk mendapatkan layanan Homecare ini,” tuturnya.

Kepala Dinkes Kota Metro mengajak seluruh masyarakat di Bumi Sai Wawai berpartisipasi dan berperan aktif, ikut serta mewujudkan Swasti Saba untuk Metro yang Gemerlang.

Pewarta : Kiki.