RADAR24.CO.ID, Lampung — Polisi menembak mati RMD warga Desa Baru Badak, kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur.

RMD diduga terlibat serangkaian tindak pidana pembegalan di 5 tempat kejadian perkara (TKP) di Lampung Selatan dan Lampung Timur.

RMD tewas dengan luka tembakan di bagian perut, Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung, Kompol Ali Muhaidori mengatakan pelaku berinisial RMD melakukan perlawanan saat akan dilakukan penangkapan.

Baca juga: Baru Bebas dari Penjara Pasal Begal, Warga Bojong Barat Ditembak Polisi ini Kasusnya !

“Awalnya kami mendatangi kediaman pelaku, namun saat akan kami tangkap pelaku yang mendapatkan kode dari orang tuanya atas kedatangan kami. Kemudian terdengar suara pelaku yang mengoperasikan senjata apinya dari balik gorden namun tidak berfungsi. Mendengar hal itu, anggota melakukan tembakan balasan dan mengenai tubuhnya,” kata dia, Sabtu (30/3/2024) dikutip dari Detik.com.

Usai peristiwa tersebut, pelaku kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Lampung.
“Pelaku langsung kami evakuasi ke RS Bhayangkara Polda Lampung,” ujar Ali.

Ali menjelaskan, pelaku merupakan DPO yang telah beraksi di 5 TKP.
“Dari penyelidikan kami, pelaku ini telah beraksi di 5 TKP yakni di Lampung Selatan dan Lampung Timur,” jelasnya.

Lanjutnya penangkapan RMD berawal dari laporan seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dicegat oleh dua pelaku saat hendak pulang sekolah.

“Awalnya ada seorang siswa SMA yang baru pulang sekolah di daerah Lampung Timur dicegat oleh dua pelaku saat melintas di jalan yang sepi. Keduanya meminta motor dan handphone korban, para pelaku mengancam dengan menggunakan senjata api. Atas peristiwa itu, korban melaporkan ke Polsek Melinting pada September 2023 lalu,” tandasnya.

Baca juga: Korban Begal di Lampung Utara dapat Kunjungan Kapolres 

Keterangan warga Batu Badak yang enggan disebut namanya membenarkan kejadian pengerebekan oleh polisi yang mengakibatkan RMD tewas.
“Benar, digerebek polisi dan tewas ditembak di perut” Kata dia.

Namun, warga tidak mengetahui secara pasti kronologis pengerebekan hingga RMD tewas ditembak.
“Klo kejadiannya kurang jelas, tapi memang ditembak di dalam rumah” imbuhnya.

Editor Abdul Jabar, ed